10 Cara Ampuh Melindungi Smartphone Dari Hacker

9 Cara Ampuh Melindungi Smartphone Dari Hacker
Apa yang kalian bayangkan tentang hacker? Pasti kalian akan membayangkan seorang penjahat cyber.

Kenapa bisa begitu? karna mereka tidak segan - segan untuk merusak ataupun mencuri data orang - orang yang menjadi target.

Tak terkecuali bagi pengguna Smartphone, banyak sekali orang yang lalai dalam mengaman kan Smartphone dari serangan Hacker.

Bagaimana sih cara melindungi smartphone dari serangan hacker? Ada banyak cara untuk melindungi smartphone kalian dari hacker, apa saja tipsnya? yuk kita cari tau tipsnya.

Cara Mudah Melindungi Smartphone dari Hacker

Cara Ampuh Melindungi Smartphone Dari Hacker

1. Update Semua Aplikasi dan OS

Jangan menganggap sepele tentang update aplikasi. Suatu aplikasi kalau sudah waktunya untuk di update maka harus di update. 

Kenapa bisa begitu? Karna sebuah aplikasi biasanya mempunyai kerentanan dan suatu aplikasi yang punya kerentanan kalau tidak segera di update maka akan rawan akan eksploitasi oleh hacker.

Tidak hanya sebuah aplikasi tapi juga OS Android kalian.  Kalau kalian membeli dari penjual asli / terpecaya maka akan selalu suport mendapatkan update an resmi dari pabrik. 

2. Menggunakan Aplikasi Anti Virus

Cara ini cara yang cukup mudah bagi pengguna smartphone. Karna kalian tinggal instal aplikasi Anti virus di play store dan cara penggunaanya cukup mudah. 

Ada versi berbayar maupun yang gratis, kalian tinggal pilih saja. Sesuaikan dengan isi kantong kalian ya 😅

3. Mengaktifkan Keamanan untuk Penginstalan Aplikasi

Saya tebak pasti kalian tidak pernah mengubah ataupun menyentuh settingan ini. Karna settingan ini biasanya akan active secara default di smartphone kalian.

Fitur ini berguna mendeteksi  bagi penginstalan aplikasi yang tidak jelas sumbernya. Dengan fitur ini aplikasi yang tidak jelas itu tidak akan terpasang di smartphone atau android kalian.

4. Menggunakan Kata Sandi

Kalau yang ini pasti kalian semua sudah menerapkannya. Apa lagi yang smartphone nya ada somethingnya 😁
Jika kalian punya pikiran privacy adalah segalanya maka mengaktifkan sandi di smartphone adalah langkah yang tepat.

Kalian bisa menggunakan sidik jari, pola, ataupun angka unik yang kalian punya.

5. Otentikasi Dua Faktor (2FA)

Mungkin kalian belom asing dengan yang satu ini. Fitur ini adalah salah satu alternative dalam penggunaan kata sandi di Android. 

Otentikasi dua faktor adalah fitur keamanan yang membantu kalian dalam melindungi ponsel selain kata sandi Anda. 

Jadi jika kalian mengaktifkan fitur ini, kalian akan diminta untuk memasukkan kode login khusus atau mengonfirmasi percobaan login Anda setiap kali ada seseorang yang mencoba mengakses ponsel dari komputer atau perangkat seluler yang tidak kalian kenal.

6. Jangan Menggunakan Wi-fi Public

Siapa yang tidak mau menggunakan wifi gratisan? Tapi apakah kalian mau kalau perangkat kalian di kendalikan?

Berhati - hatilah menggunakan wifi public karna jika di antara pengguna wifi public ini berniat jahat. Maka ini akan sangat teramat mudah untuk mengendalikan perangkat kalian. 

Kok bisa gitu? Karna jaringan kalian berada dalam satu tempat yang sama. Akan sangat mudah jika dia mau mengintip perangkat kalian.

7. Gunakan VPN premium

Gunakanlah opsi ini jika kalian mau aman. Kalau kalian diluar dan ketemu wifi gratis dan ingin menggunakannya kalian saya sarankan menggunakan Privat Virtual Network (VPN)

Tidak cuma di gunakan dalam mengakses wifi gratis vpn juga dapat di gunakan dalam berselancar di Internet secara aman.

8. Jangan Membuka Email yang Tidak Jelas

Pernah lah kalian mendapatkan email yang tidak jelas dan isi emailnya mengajak untuk mengklik atau mendownload sesuatu?. 

Mulai sekarang hiraukan email itu dan jangan sekali - kali kalian mengklik apapun jika tidak mau hal yang buruk terjadi.

9. Pastikan Membeli Dari Vendor terpercaya

Jangan meggunakan smartphone bajakan!!! Kalian tidak ingin kalau hp kalian rentan oleh virus kan? Kerugian jika kalian menggunakan smartphone bajakan adalah kalian tidak akan mendapatkan patch dari vendor smartphone kalian.

Patch itu penting untuk mengupgrade system keamanan smartphone kalian. Jika kalian membeli yang bajakan otomatis kalian tidak akan mendapatkan updated system.

10. Jangan Lupakan Backup Data

Kita tidak tau apa yang akan terjadi kedepannya. Bisa saja smartphone kalian hilang, di curi, ataupun kemasukan virus. 

Kalian tidak ingin jika data kalian hilangkan? Untuk mengantisipasinya kalian bisa membackup semua data yang ada di smartphone kalian agar aman dan tidak khawatir.

Buat Smartphonemu Aman Dari Serangan Hacker

Keamanan merupakan hal yang sangat penting. Cara di atas hanya langkah sederhana dari Cara Melindungi Smartphone Dari Hacker

Semoga dengan membaca tips di atas kalian bisa paham dan mengerti dalam melindungi smartphone.
Densena Hey there, I’m den. I’m a Blogger, living in Central Java, Indonesia.
Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan support dengan klik tombol FOLLOW atau SUBSCRIBE Terima kasih.
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel