Cara Memperbaiki Memory Card yang Rusak Total dan Tidak Terbaca

Cara Memperbaiki Memory Card yang Rusak Total dan Tidak Terbaca
cara memperbaiki memory card yang rusak total dan tidak terbaca - Kartu memory memang sangat berguna walaupun bentuknya yang sangat kecil, sebuah gadget tanpa ada memory card akan terasa tidak sempurna karena belum bisa menyimpan file berharga. 
Selain praktis namun Memory Card tersebut lumayan rapuh atau mudah rusak bisa terjadi karena handphone pernah jatuh, digunakan sampai handphone panas, terkena air, terkena virus, dan banyak sebab lainya.
Kerusakan pada kartu memori atau memori card memang sering terjadi pada sebuah smartphone, dan sering juga membuat kesal pemiliknya karena rusak tiba - tiba dan banyak menyimpan file berharga kamu.

Cara Memperbaiki Memory Card Rusak Total

Cara melakukan perbaikan pada memory card yang udah rusak total sangatlah gampang, namun kalau dengan cara ini tidak juga teratasi maka solusinya lo beli lagi memory card yang baru,  murah kok hehehehe okeLangsung saja kita masuk ke pembahasan yaitu 

Bagaimana Cara Memperbaiki Memory Card yang Rusak

Ada beberapa langkah untuk memperbaiki kartu memori atau memory card kamu, dan di sini Cara-cara berikut ini pada umumnya bisa digunakan pada segala jenis kartu memory, baik memory pada BlackBerry, Android, kamera, atau handycam. Berikut cara memperbaiki kartu memori tidak terbaca atau rusak pada android.

Cara Pertama Dengan Membersihkannya

  1. Keluarkan kartu memory dari Android kamu. Pastika anda sudah mematikan Android kamu terlebih dahulu.
  2. Bersihkan lempengan tembaga (berwarna kuning keemasan) dengan penghapus pensil (yang warna putih). Gosok pelan - pelan saja sampai bersih. Upayakan bagian tersebut tidak terkena kulit kita lagi, karena itu bisa mengotorinya.
  3. Sekarang silahkan memasukkannya lagi ke dalam slot memory di Android kamu dan periksa apakah sudah terdeteksi dan dibaca lagi data di dalamnya.
  4. Kalau masih tidak terbaca, Silahkan coba cara lainnya dibawah ini.

Cara Kedua Melalui Android Kamu

  1. pastikan Android kamu dalam keadaan menyala, lalu masuk ke “Setting > Storage > Erase SD Card”. Ini akan membuat kartu memory kamu bersih seperti baru. Terkadang bisa memperbaiki kerusakan. Asal bukan kerusakan fisik yang parah.
  2. Cek lagi, sudah bisa dibaca apa belum, kalau belum coba cara berikutnya.

Cara Ketiga Dengan Memformat Lewat PC (Windows Explorer)

  1. Masukan kartu memori  ke Card Reader.
  2. Tancapkan ke PC kamu.
  3. Carilah drive kartu memorinya, contoh di drive (F,G,H,I)
  4. Lalu klik kanan pada drive memory tersebut, kemudian pilih “Format”
  5. Setelah itu ganti file system dengan FAT.
  6. Kemudian berlah tanda centang pada  pilihan “Quick Format”.
  7. Klik “START”, tunggu sampai poses selesai.
  8. Terakhir eject memory, lalu masukan ke Android kamu.

Cara Keempat Menggunakan Properties

  1. Masukan kartu memori ke card reader 
  2. Tancapkankan ke PC sobat.
  3. Klik kanan pada drive kartu memori, lalu pilih ”Properties”.
  4. Kemudian klik Tools > klik Check Now.
  5. Beri tanda centang pada pilihan ”Automatically check sistem for error” & “Scan for and attempt recovery of bad sectors”.
  6. Kemudian klik start dan tunggu hingga proses selesai.
  7. Lalu eject kartu memori sobat dan masukan ke ponsel.

Cara Terakhir Dengan Command Prompt

Apabila kamu mendapatkan pesan “Error” pada 2 cara di atas lalu PC tidak bisa memformat lagi kamu bisa mencoba langkah berikut.
  1. Masukan kartu memori ke card reader.
  2. Tancapkankan ke PC kamu.
  3. Carilah driver kartu memorinya.
  4. Lalu Klik START Run > lalu ketik CMD. Maka akan muncul jendela Command Prompt.
  5. Kemudian ketik 'FORMAT i:/FS:FAT'. (i) adalah drive kartu memori yang akan di format, jika drive memorinya terletak pada drive G maka tulis G. (FORMAT G:/FS:FAT).
  6. Tunggu beberapa saat samai peroses selesai.

Beberapa cara tersebut hanya untuk kerusakan atau kesalahan data dan aplikasi yang terdapat pada ponsel android kamu. Kalau memory card nya udah patah atau lempengan tembaga yang berwarna kuning itu udah rusak total ya cara di atas tidak berlaku, makanya punya memory card itu di jaga baik -baik, kan di situ banyak kenangan berharga. Tapi kalau untuk yang jomblo mending rusakin aja deh memory card nya, biar kenangan masa lalunya ke hapus hehehe.

Balik lagi seperti yang saya ucapkan di atas, Jika masih tidak berfungsi mungkin memory card kamu sudah mati total, sebaiknya kamu membeli dengan memory card yang baru. Ingat yang baru jangan yang bekas,  entar rusak lagi kalau yang bekas Jika ada saran atau pertanyaan bisa tulis di kolom komentar di bawah.
Deni Antoni Hey there, I’m den. I’m a Blogger, living in Central Java, Indonesia.
Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan support dengan klik tombol FOLLOW atau SUBSCRIBE Terima kasih.
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel