Mesin Pencari yang di gunakan Para Hacker, Shodan search engine

Shodan ,Mesin pencari yang di gunakan para hacker
Shodan search engine

Mesin pencari yang di gunakan para hacker

atau

search engines are used by hackers


Pernah dengar kata hacker..?. Mungkin bagi para netizen pasti sudah tau dengan julukan itu, tapi taukah anda bagaima para hacker mencari informasi..?. Jawabanya sangat banyak hahahaha. tapi kali ini saya akan berbagi informasi tentang SALAH SATU seacrh engine yang banyak di gunakan oleh para hacker untuk mencari informasi. Mesin pencari ini berbeda dengan mesin pencari lain khususnya google

Diluncurkan pada tahun 2009,
Shodan search engine [mesin pencari]sangat dilirik dan mendapatkan antusiasme dari pengguna internet karena memiliki fitur yang cukup menarik. Tidak Seperti Google yang digunakan untuk mencari website, Shodan bermain dibelakang layar. Hal ini bisa diibaratkan seperti sisi gelap dari search engine yang berfungsi mencari lokasi server, webcam, printer, router dan hal lainnya yang terhubung dengan internet.

Kemampuan Shodan dalam mencari sangatlah unggul karena dapat mendeteksi lampu lalu lintas, kamera keamanan, sistem kontrol pom bensin, jaringan listrik dan bahkan pembangkit listrik tenaga nuklir. Sebagian besar dari sistem-sistem tersebut dapat dideteksi oleh Shodan apabila tidak memiliki tingkat keamanan yang handal sehingga bisa berakibat fatal bila dijadikan target oleh hacker.

Shodan, Mesin Pencari Para Hacker

Anda bisa tentukan keyword yang anda inginkan, semisal ketikkan webcams atau IOT kemudian cari maka akan muncul IP address beserta detail dari IP tersebut, seperti gambar dibawah ini saya mencoba dengan keyword IOT.

Shodan, Mesin Pencari Para Hacker

Dan yang menarik juga ketika anda pilih menu explore, maka anda akan temukan pencarian terpopuler dan kategori yang tersedia. Tentunya hasil dari pencarian itu bisa anda langsung coba akses IP address yang sudah muncul. Pada gambar dibawah ini merupakan contoh salah satu detail dari IP address yang didapat dan menampilkan dengan detail yang berkaitan dengan IP address tersebut, anda bisa langsung mencobanya

Shodan, Mesin Pencari Para Hacker

Shodan berfungsi 24/7 nonstop dan mengkoleksi informasi sekitar 500 juta perangkat dan servis-servis yang terhubung ke internet. Lampu lalu lintas yang tak terhitung jumlahnya, kamera keamanan, perangkat IOT dan lain sebagainya bisa dengan mudah ditemukan. Tentu hal tersebut sangat menakjubkan karena bisa ditemukan hanya dengan sebuah search engine.

Jika Anda tertarik mencobanya, langsung saja akses situs resminya disini https://sodan.io.


Deni Antoni Hey there, I’m den. I’m a Blogger, living in Central Java, Indonesia.
Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan support dengan klik tombol FOLLOW atau SUBSCRIBE Terima kasih.
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel