Cara Energi Panas Berpindah Dari Satu Tempat Ke Tempat Lainnya

Cara energi panas berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya
Pernahkah kalian merasa kepanasan ketika upacara? Atau merasa panas ketika tangan kalian memegang panci atau gelas yang berisi air mendidih? Itu adalah salah satu sifat energi panas atau kita bisa sebut juga dengan kalor.

Panas merupakan energi alami yang ada di kehidupan kita, banyak sekali manfaat dari energi panas ini.

Sebelum lebih lanjut mari kita bahas dulu tentang apa itu energi panas atau kalor dan bagaimana cara ia berpindah.

Apa itu energi panas atau kalor?

Energi panas adalah semua kemampuan yang terjadi akibat adanya pengaruh panas. Dan matahari merupakan sumber energi utama di bumi.

Panas merupakan salah satu bentuk energi yang penting bagi mahluk hidup. energi panas sering disebut juga dengan kalor.

Kalor adalah bentuk energi yang bergerak dari suatu benda pada suhu tinggi ke benda pada suhu lebih rendah jika kedua benda tersebut saling bersentuhan.

Perlu di garis bawahi pengertian kalor berbeda dengan suhu. Jadi suhu adalah ukuran derajat panas atau dingin suatu benda, sedangkan kalor adalah ukuran banyaknya panas.

Panas bergerak dari daerah bersuhu tinggi ke daerah bersuhu rendah. Setiap benda memiliki energi dalam yang berhubungan dengan gerak acak dari atom-atom atau molekul penyusunnya.

Apakah energi panas dapat berpindah? Bagaimana caranya

Energi panas adalah energi yang dapat berpindah dari satu tempat ke tempat yang lainnya atau dari benda satu ke benda lainnya.

Lalu bagaimana cara energi panas berpindah? Ada beberapa cara untuk energi panas dapat berpindah tempat.

1. Perpindahan Panas Secara Konveksi

Apa itu perpindahan energi panas secara konveksi? Perpindahan energi panas secara konveksi adalah perpindahan energi panas melalui zat perantara, Tapi zat perantaranya juga ikut berpindah.

Contoh saja ketika kamu sedang merebus air di panci, bagaimana panas dapat berpindah ke air yang berada di dalam panci? jadi saat air direbus maka panas dari api akan berpindah ke air di bagian bawah.

lalu air di bagian bawah itu akan terasa panas terlebih dahulu karena paling dekat dengan api, sehingga air tersebut bergerak ke atas.

Dengan begitu air yang ada di bagian atas akan terdorong bergerak ke bawah akibat terjadi air yang berputar naik turun hingga mendidih dan seluruh air akan terasa panas.

2. Perpindahan Panas Secara Konduksi

Secara singkat perpindahan panas secara konduksi adalah Perpindahan energi panas melalui zat perantara, akan tetapi zat perantara itu tidak ikut berpindah.

Contoh sederhanya adalah ketika kamu memegang sendok di tangan mu dan ujung sendoknya kamu panasin maka apa yang terjadi?

Jadi panas yang dari api akan berpindah ke sendok yang awalnya terasa dingin. Panas dari api berpindah melalui sendok yang merupakan zat perantaranya, tetapi zat perantara itu tidak ikut berpindah.

Oleh sebab itu sendok yang kalian panaskan di salah satu ujungnya akan menghantarkan panas di ujung lain yang kalian pegang.

3. Radiasi

Cara yang satu ini berbeda dengan yang lainnya, kenapa bisa begitu?

Jadi radiasi adalah Perpindahan energi panas secara langsung atau tanpa zat perantara jadi kita dapat merasakan energi panas secara langsung tanpa perlu menyentuh sesuatu yang sudah dipanaskan terlebih dahulu.

Misalnya panas matahari yang dapat langsung sampai ke bumi. Kalian pernahkan ketika sedang upacara terasa sangat panas. Itu lah salah satu proses perpindahan panas secara radiasi. Dan itu jadi penyebab kenapa ketika sedang upacara terasa sangat panas.

Mengapa perpindahan panas dapat terjadi

Perpindahan panas dapat terjadi karena adanya perbedaan suhu antara  dua tempat sehingga terjadi kesetimbangan termal (suhu sama).

Perpindahan panas atau kalor dapat berlangsung dengan berbagai cara, tergantung medium yang terlibat.

Pada zat cair atau gas, perpindahan kalor tidak dapat terjadi secara konduksi, tetapi dapat secara konveksi.

Pada zat cair, perbedaan suhu mengakibatkan terjadi perbedaan massa jenis.
Perbedaan massa jenis memungkinkan terjadi pergerakkan partikel medium yang sama (aliran).
Densena Hey there, I’m den. I’m a Blogger, living in Central Java, Indonesia.
Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan support dengan klik tombol FOLLOW atau SUBSCRIBE Terima kasih.
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel