Cara Install dan Setting Java Development Kit (JDK) di Windows

Cara Install dan Setting Java Development Kit (JDK) di Windows
Bagaimana cara menginstal java pada windows 7/8/xp serta mengatur path program java? Ternyata masih banyak yang masih belum mengetahui cara menginstall java di windows. Untuk itu disini Densena hadir dengan membuat artikel khusus untuk panduan tutorial menginstall java di windows

Java Software Development Kit (SDK Java atau JDK) adalah Perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan proses kompilasi dari kode java ke bytecode yang dapat dimengerti dan dapat dijalankan oleh JRE (Java Runtime Envirotment). JDK wajib terinstall pada komputer yang akan melakukan proses pembuatan aplikasi berbasis java.
Namun tidak wajib terinstall di komputer yang akan menjalankan aplikasi yang dibangun dengan java. JDK juga merupakan aplikasi yang dibuat oleh Sun Microsystems untuk membuat dan memodifikasi program Java. Ini adalah tempat untuk memulai jika Anda ingin memulai mengembangkan aplikasi dengan bahasa pemrograman Java.

Sebelum kita melakukan instalasi java, Anda perlu untuk mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan untuk menginstal java di laptop Anda, yang paling dibutuhkan adalah file installer java yang harus Anda download terlebih dahulu melalui situs resmi oracle.

Tutorial Install Java SE Development Kit (JDK) di Windows

1. Download Java JDK Versi Terbaru
Silahkan men-download versi terbaru dari Java JDK dengan mengunjungi situs resminya di https://java.sun.com/javase/downloads/index.jsp kemudian kalian pilih Java Platform (JDK) untuk versi yang terbarunya, saat saya melakukan tutorial ini versinya adalah Java Platform (JDK) 8u31. Seperti screen shoot di bawah.
Memilih jdk

2. Klik dua kali pada file instalasi yang sudah kamu download dan akan membuka dialog installer java seperti gambar di bawah ini.
Instalasi jdk

3. Klik Next, kemudian membaca dan menerima lisensi.
Instalasi jdk

4. Pada layar berikutnya Anda akan melihat proses instalasi java jdk sedang berjalan dan melihat status instalasi sedang melakukan extracting installer. Kalian tunggu hingga proses ini selelasi.
Instalasi jdk

5. Setelah selesai java akan memunculkan pemeberitahuan bahwa Java SE Development Kit Successfully instaled. Klik pada tombol Close untuk menyelesaikan.
Instalasi jdk

Sampai disini proses install java di windows telah berhasil, namun masih ada langkah yang harus Anda lakukan, yakni mengatur path java agar dapat berjalan pada lapop atau komputer kamu.

Mengatur Path untuk menjalankan program Java di Windows

Setelah install java selesai, jalankan Command Prompt (CMD) windows untuk melakukan pengecekan apakah program java telah berjalan di windows kamu.

Klik Start > ketik 'cmd' lalu Enter.
Setting jdk

Setelah layar cmd telah terbuka dengan warna latar hitam, ketik 'javac' lalu enter. dan jika hasilnya seperti gambar dibawah ini, yang menampilkan pesan kesalahan "javac' is not recognized as an internal or external command, operable program or batch file" itu artinya status java pada windows kamu masih belum diketahui, Anda harus mengatur path agar java dapat di identifikasi dengan benar. Lanjut ke langkah berikutnya.
Setting jdk

1. Untuk mengatur path java JDK, Klik Start > Klik Kanan My Computer > pilih Properties.
Install dan Setting Java Development Kit (JDK) di Windows

2. Pilih "Advanced System Settings".
Install dan Setting Java Development Kit (JDK) di Windows

3. Klik pada "Environment Variables".
Install dan Setting Java Development Kit (JDK) di Windows

4. Selanjutnya, jendela lain akan terbuka dengan banyak kalimat dan huruf yang membingungkan. Klik dua kali pada variable "Path" pada salah satu kotak pilihan.
Install dan Setting Java Development Kit (JDK) di Windows

5. Setelah variabel dibuka, kotak teks di jendela lain akan muncul. Hati-hati untuk tidak menghapus apa pun di kotak ini. Pada akhir kotak teks pada Variable value, menambahkan teks berikut :
C:\Program Files\Java\jdk1.8.0\bin;
Ini adalah asumsi Anda tidak mengubah path file instalasi. Setelah selesai Klik "Apply" dan "OK" untuk semua jendela yang baru saja dibuka.
Install dan Setting Java Development Kit (JDK) di Windows

Buka command prompt lagi, untuk melihat apakah itu perintah "javac" telah bekerja pada windows kamu atau belum. dan jika hasilnya seperti gambar dibawah ini berarti java di windows kamu telah bekerja di laptop kamu.
Install dan Setting Java Development Kit (JDK) di Windows

Dan Selamat! Anda telah mengambil langkah pertama Anda untuk memulai pemrograman Java di windows anda.

Jika kalian tidak sengaja menghapus atau mengganti Path System Environment Variable dengan path JDK, silahkan lihat bagaimana solusi untuk mengatasinya di sini: Cara Mengembalikan Environment Variable Path Windows yang Terhapus karena setting JDK.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda yang masih bingung bagaimana agar java bisa berjalan pada komputer windows kamu. Sampai jumpa pada tutorial selanjutnya. Tetap kunjungi terus blog kami.
Deni Antoni Hey there, I’m den. I’m a Blogger, living in Central Java, Indonesia.
Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan support dengan klik tombol FOLLOW atau SUBSCRIBE Terima kasih.
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel