Cara Instal OS Linux di Android

Cara install os Linux di android

Cara Instal OS Linux di Android - Kali Linux adalah reinkarnasi dari BackTrack, sebuah distro Linux yang dibuat khusus untuk keperluan penetration dan testing sebuah sistem keamanan komputer. Kali Linux disinyalir lebih stabil dan powerful dari generasi sebelumnya yaitu BackTrack. Dikembangkan sepenuhnya kepada standar pengembangan Debian. Rilis terbarunya saat ini adalah Kali Linux 1.0.7, yang rilis pada Mei 2014 lalu.

Kali linux dikembangkan dan didanai oleh Offensive Security. Sama seperti pendhulunya BackTrack, Kali Linux pun dikembangkan secara open source dan tentu saja gratis. Kamu bisa merubah Kali Linux sesuka hati sesuai seleramu jika Kamu mau. Terdapat lebih dari 300 tools penetration testing di dalam Kali Linux.

Ingin mengetahui lebih lanjut tentang Kali Linux, Kamu bisa berkunjung ke website resminya di www.kali.org.

Pada dasarnya Kali Linux hanya untuk pengguna komputer desktop tetapi saat ini Kali Linux juga hadir di smartphone Android yang berarti Kali linux dapat kita gunakan dan install di smartphone Android.
Untuk menginstall Kali Linux di Android kamu, pastikan Android kamu sudah di root.
Sebelum sobat menginstall OS Linux di perangkat android, kami sarankan terlebih dahulu sobat mengecek spesifikasi perangkat android sobat. Yang perlu sobat cek ialah Ruang Penyimpanan, RAM, dan Processor. 

Berikut ini minimal spesifikasi android untuk menginstall OS Linux di Android

  1. Android sudah dirooting
  2. memori kosong 4GB
  3. CPU 1GHz atau lebih besar
  4. RAM miniman 512Mb sampai 1Gb
Jika perangkat android sobat sudah mencapai spesifikasi di atas maka sobat dapat langsung menginstall OS Linux di android. Itupun dengan catatan perangkat android tersebut sudah di root. Jika perangkat android tersebut belum di root maka tidak dapat di install OS Linux. 
Di karena kan akses root sangat di butuhkan dalam menginstall os linux di perangkat android. Oke bagi sobat yang penasaran bagaimana cara menginstall OS Linux di perangkat android. Dapat langsung melihat langkah-langkahnya di bawah.

    1. Download Complete Linux Installer Bisa di download dari playstore atau DISINI 
    2. File img linux (ubuntu, debian, backtrack) untuk android --> Bisa di download dari complete linux atau langsung dari website linux DISINI 
    3. Boot Script yaitu script sh untuk install linux --> Bisa di download dari file complete linux atau DISINI
    4. Install keempat aplikasi ini di perangkat android sobat. 
    5. Terminal Emulator --> Bisa di download dari playstore atau DISINI 
    6. Busybox --> Bisa di download dari playstore atau DISINI 
    7. VNC Viewer --> Bisa di download dari playstore atau DISINI 
    8. SuperSU --> Biasanya sudah terinstall di android yang sudah di root. Jika belum maka sobat dapat mendownloadnya dari playstore atau DISINI
    1. Install semua Apk yang ada diatas Jika semua bahan sudah sobat miliki dan terinstall di android sobat.
    2. Selanjutnya ekstrak file linux (ubuntu, debian, backtrack) yang sudah di download tadi. Nanti hasilnya menjadi file img. Karena disini kami menggunakan backtrack jadi hasilnya menjadi backtrack.img 
    3. Kemudian Ekstrak Boot Script yang di download tadi lalu hasil file ekstrak keduanya di pindahkan dalam folder baru di kartu memori. Untuk nama foldernya bebas.

      Cara Instal OS Linux di Android
      Cara instal os linux di android

      Selanjutnya jalankan aplikasi Terminal Emulator lalu ketikan perintah
      su
      cd /sdcard1/linux
      sh backtrack.sh
      (backtrack.sh dapat diubah sesuai dengan bootscript yang diinstall misal ubuntu.sh/debian.sh , dll)
      Bila muncul tampilan masukkan password unix, sobat dapat mengisinya sesuai keinginan sobat. Dan harus di ingat karena ini menjadi password linux.

      Bila muncul tampilan masukkan password VNC, silahkan ketik sesuai keinginan sobat dan harus di hafal karena untuk masuk ke remote vnc.

      Jika ada pilihan Y/N , pilih atau ketik Y lalu enter.
      Bila muncul Screen size sobat dapat menuliskan sesuai layar android sobat misal 800x480 atau 1024x600.
      Lalu tunggu prosesnya selesai hingga muncul tampilan teks root@localhost:/# , yang berarti sobat sudah dapat menjalan linux lewat Terminal Emulator.
      Cara Instal OS Linux di Android
      Cara instal os linux di android

        Sobat dapat minimize terminal emulatornya dengan cara tekan tombol home. Ingat ya hanya di minimize bukan di close/berhentikan terminal emulatornya.
        Selanjutnya buka Remote VNC lalu pilih Menu kemudian Add. Pada host kamu isi 127.0.0.1, lalu pada port kamu isi 5900. Kemudian pada password kamu isi password vnc kamu. Dan pada name bisa kamu isi sesuai keinginan. Setelah itu back, lalu pilih Connect
        Cara Instal OS Linux di Android
        Cara instal os linux di android

        Proses selesai sekarang sobat sudah dapat menjalankan linux di perangkat android sobat.
        Selamat Linux kamu berhasil dijalankan
        Deni Antoni Hey there, I’m den. I’m a Blogger, living in Central Java, Indonesia.
        Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan support dengan klik tombol FOLLOW atau SUBSCRIBE Terima kasih.
        Buka Komentar

        Iklan Atas Artikel

        Iklan Tengah Artikel 1

        Iklan Tengah Artikel 2

        Iklan Bawah Artikel