Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Masuk Windows

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Memasuki Windows
Tips Mengatasi Masalah Komputer Tidak Bisa Masuk ke Windows - Jika laptop atau komputer Anda merupakan atau komputer berbasis windows, maka sistem operasi windows merupakan hal yang sangat penting dan krusial. 

Tanpa sistem operasi berbasis windows tentu saja laptop atau komputer Anda tidak berarti apa - apa. 
Karena itu masalah komputer tidak bisa masuk ke windows yang seringkali terjadi menjadi sebuah masalah yang sangat krusial. 

Masalah ini juga harus segera dicari solusinya. Namun tenang saja, ada beberapa tips mengatasi masalah komputer tidak bisa masuk ke windows yang Anda dapat cari segera solusinya. 

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan berikan informasi selengkapnya untuk kalian. Berikut apa saja tips mengatasi masalah komputer tidak bisa masuk ke windows yang kalian harus tahu!

Cara Mengatasi Masalah Komputer Tidak Bisa Masuk Windows 

1. Lakukan install ulang Windows 

Tips mengatasi masalah komputer tidak bisa masuk ke windows yang pertama perlu Anda perhatikan adalah melakukan install ulang Windows. Dengan kamu melakukan instalasi ulang pada Windows maka kamu akan bisa menghapus semua file yang dapat menjadi penyebab eror pada program windows di komputer Anda. 

Setelah eror tersebut teratasi, maka program Windows Anda akan berjalan pada kondisi semula seperti tak ada masalah apapun. Cara ini memang terdengar cukup ampuh namun Anda tidak bisa langsung memutuskan untuk menggunakan cara ini karena faktor resiko yang juga ada. 

Jadi faktor keberhasilan cara yang pertama ini tidak bisa dipastikan 100%. Tergantung juga atas faktor yang menjadi penyebab mengapa komputer Anda tidak dapat mengalami booting. Namun Anda tetap bisa mencobanya. 

2. Manfaatkan system restore pada komputer

Langkah yang kedua ini hanya dapat Anda lakukan jika Windows yang Anda miliki sudah pernah dibuat backup sebelumnya. Backup diperlukan melalui fitur System Restore. Dengan Anda manfaatkan fitur tersebut, Anda bisa mengembalikan sistem operasi Windows pada kondisi yang terakhir. 

Akan tetapi fitur yang satu ini hanya dapat mengatasi masalah komputer tidak bisa masuk ke windows jika penyebabnya adalah masalah file system yang eror atau karena malfungsi software yang lain sehingga tidak bisa masuk ke windows. 

Sementara jika masalah yang Anda alami penyebabnya karena kerusakan pada hardware komputer, maka Anda tidak bisa mengatasinya dengan cara ini. Selain itu juga tentu terdapat fitur system restore yang memakan space atau ruang cukup besar di komputer Anda sehingga sebelum melakukan cara ini pastikan ruang memori masih cukup lapang. 

3. Lakukan penghapusan aplikasi yang menyebabkan gagal boot lewat safe mode

Tips mengatasi masalah komputer tidak bisa masuk ke windows yang terakhir adalah menghapus aplikasi yang menyebabkan gagal boot. Aplikasi yang khususnya mengandung virus atau malware dapat menjadi penyebab Anda tidak bisa masuk ke windows secara sempurna. 

Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menekan F8 ketika Booting Windows berjalan. Selanjutnya Anda akan mendapatkan berbagai menu boot tambahan didalam Windows. Setelah itu cari menu yang pada prinsipnya akan membuat Anda bisa melakukan booting pada safe mode.

Dengan begitu Anda dapat masuk ke Windows melalui cara lain yang jauh lebih aman dan tentunya lebih kebal terhadap berbagai macam virus. Kecuali jika safe mode pada komputer Anda sendiri juga sudah terinfeksi virus yang sama. 

Itulah beberapa tips mengatasi masalah komputer tidak bisa masuk ke Windows yang Anda harus tahu dan pahami. Anda bisa terapkan tips diatas jika komputer Anda mengalami masalah tidak bisa masuk ke Windows. Selamat mencoba.  
Deni Antoni Hey there, I’m den. I’m a Blogger, living in Central Java, Indonesia.
Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan support dengan klik tombol FOLLOW atau SUBSCRIBE Terima kasih.
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel