6 Cara Menghilangkan Virus di Laptop Sampai Tuntas

Cara Menghilangkan Virus di windows
6 Cara Menghilangkan Virus di Laptop Sampai Tuntas - pernah kah kalian mengalami komputer atau leptop anda hang atau rusak tanpa sebab yang pasti atau yang lain? Perlu di waspadai karna bisa jadi itu ulah seseorang yang mengirim virus ke komputer atau leptop kalian.

Dan ga usah di tanya lagi akibatnya karna bisa diprediksi perangkat anda akan rusak total jika tidak di perbaiki secara dini atau di atasi sebelum menyebar.  Tau sendiri kan yang namanya virus kalau ga cepet di obat i atau di atasi maka di akan menjalar ke yang lain. 

Semakin canggihnya teknologi, perkembangan virus semakin tahun semakin berbahanya, kalian bisa cek sendiri di google dengan keyword sejarah peristiwa virus komputer berbahaya sepanjang masa. Kalau kalian amati hampir setiap tahun ada virus jenis baru.

Maka dari itu kalian harus berhati - hati jika ber main di internet. Pastikan kalian tidak mendownload file - file yang ga jelas karna nanti ber imbas ke perangkat lunak yang kalian miliki.

Jenis virus komputer

Virus komputer tidak hanya satu, tapi ada banyak jenis virus komputer yang ber edar di masyarakat sampai saat ini misalnya seperti 
  • Virus Trojan
  • Virus Worm
  • Memory Resident virus
  • Web scripting virus
  • Multipartite virus
  • FAT virus
  • Companion virus
  • Polymorpic virus
  • Directory virus
  • Macro virus
  • Boot sector virus
  • Overwrite viruses
  • Direct action viruses

Cara Menghilangkan Virus di Leptop

Lantas bagaimana cara mengatasinya apa kah bisa di atasi atau tidak. Kalau orang yang ga gaptek tentang teknologi pasti dia langsung menyadari dan cepat - cepat mengatasinya. Tapi tenang di sini saya akan memberikan tips simple untuk mengatasi hal tersebut. 

1. Menghapus file virus dari registry

Untuk melakukan cara ini kita hanya perlu membuka regedit dan menghapus registry virus komputer atau malware tersebut.  Untuk membuka regedit, klik Start menu, kemudian klik Run dan masukkan regedit lalu tekan enter.

Setelah masuk ke menu regedit, tekan CTRL+F lalu masukkan nama virus atau malware yang sebelumnya sudah kita temukan dari proses dan juga dari hardisk. Pilih find, lalu bila sudah ketemu  hapus semua registry yang berkaitan dengan file tersebut.

Cara menghilang kan virus di komputer
Hapus satu persatu hingga tidak ada lagi input dengan nama virus atau malware yang bisa ditemukan di registry komputermu. Langkah ini adalah langkah yang penting karena dengan menghapus input registry ini, kita menghalangi dan membebaskan komputer dari load virus komputer atau malware.

2. Gunakan Command Prompt

Menggunakan cara ini cukup simple dan kalian tidak harus melakukan instal antivirus sebelumnya. Perhatikan caranya yah agar di kau tidak akan terjadi kekeliruan saat mengaplikasikan caranya. 
  1. Pertama, klik Start dan ketik cmd. Jika sudah, klik kanan untuk menjalankan sebagai administrator. Jadi, Run as administrator. 
  2. Cara menghilangkan virus menggunakan CMD
  3. Misalnya, yang akan engkau tuju adalah drive E, maka ketik dir E: attrib -s -h /s /d . dan tekan enter. Jika kalian ingin memeriksa drive selain E, maka tinggal ganti saja huruf E dengan lokasi drive yang akan kalian periksa. 
  4. Setelah tekan enter maka command prompt akan mengeksplorasi drive yang dipilih dan memuat semua file pada drive tersebut. 
  5. Kemudian, cari file yang menurut kalian asing dengan format .EXE, yang dimana kalian tidak pernah menginstall tapi ada, hapus melalui command prompt ini.!!

3. Menghilangkan Virus di Laptop dengan Anti Virus

Selain cara manual kalian juga bisa melakukannya dengan aplikasi. Aplikasi ini bisa mendeteksi file berbahaya bagi komputer kalian.  Kalian bisa instal aplikasi antivirus yang terpecaya di komputer kalian. Ingat ya antivirus yang bagus bukan abal - abal.

Kalian bisa memasang Antivirus ESET, BITDEFENDER, AVAST,  AVG. Kalian bisa mencoba antivirus yang saya rekomendasikan itu.  Tapi ada banyak juga antivirus yang lainnya kok, terserah kalian mau pilih yang mana yang penting yang aman.

4. Instal Firewall

Cara menghilang kan virus Atau malware
Firewall terbagi menjadi  dua jenis, firewall perangkat lunak dan firewall perangkat keras. Masing-masing melayani tujuan yang sama, tetapi berbeda. Firewall adalah langkah pertama untuk memberikan keamanan komputer kalian. cara ini menciptakan penghalang antara komputer dan program tidak sah yang mencoba masuk melalui Internet. Jika Anda menggunakan sistem di rumah, hidupkan firewall secara permanen. Itu membuat Anda sadar jika ada upaya tidak sah untuk menggunakan sistem Anda.

5. format partisi

Memformat partisi yang telah di curigai terkena virus komputer. Perlu di ketahui Cara yang satu ini termasuk cara yang beresiko dan tidak menjamin kesuksesan yang dapat kalian capai. Akan tetapi, cara ini dapat dicoba dengan catatan virus yang kalian alami adalah virus yang bersemayam di flashdisk atau memory card.

6. Install Ulang

Langkah ini adalah langkah terakhir dari langkah - langkah yang sudah kalian coba atau lewati . Jika lewat manual ga bisa dan lewat aplikasi juga ga bisa maka solusinya adalah install ulang. Jika virus sudah menginfeksi sedemikian parahnya maka engkau harus install ulang komputer atau leptop kalian. 
Sebelum memutuskan untuk melakukan cara ini, pastikan bahwa kalian telah membackup data – data penting dari laptop. Dengan demikian, ketika kalian melakukan instalasi ulang, data penting pada laptop tidak akan terhapus.
Deni Antoni Hey there, I’m den. I’m a Blogger, living in Central Java, Indonesia.
Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan support dengan klik tombol FOLLOW atau SUBSCRIBE Terima kasih.
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel