5 Penyebab Hp Smart phone Tidak Bisa Terisi penuh Ketika di Cas

5 penyebab baterai ponsel tidak bisa terisi penuh
densena.my.id - Pernahkah Kalian mengalami kejadian di mana baterai ponsel tidak kunjung penuh meskipun Sudah di-charge semalaman? Padahal normalnya hanya dibutuhkan waktu sekitar 2-3 jam untuk mengisi baterai ponsel hingga penuh. Selain tidak terisi penuh, kejadian seperti ini sering dibarengi dengan masalah baterai ponsel terasa panas saat sedang di-charge.

Hati-hati ! Hal ini tentu menjadi tanda kalau ada sesuatu yang salah pada smartphone kesayangan kamu. Agar masalah ini tidak terjadi terus-menerus dan menyebabkan kerusakan pada ponsel kamu, yuk cari tahu apa penyebabnya.

1. Charger Tidak Terpasang dengan Sempurna

Saat ingin mengisi daya ponsel, pastikan ujung charger telah terpasang dengan sempurna pada usb port smartphone. Sering kali orang-orang cenderung ceroboh dan tidak mengecek apakah baterai ponsel sudah benar-benar ter-charge atau belum, sehingga setelah berjam-jam diisi ternyata baterai ponsel masih kosong.

Jika baterai ponsel tetap tidak terisi meskipun charger telah terpasang sempurna, ada kemungkinan kalau usb port smartphone kamu sedang bermasalah. Masalah pada usb port smartphone bisa disebabkan karena 3 hal, yaitu port longgar, karatan, dan karena kemasukan air atau kotoran-kotoran berukuran kecil.

5 penyebab baterai ponsel tidak bisa terisi penuh - charger tidak terpasang dengan sempurna

2. Kabel Charger Rusak

Salah satu penyebab utama mengapa baterai ponsel tetap tidak terisi saat di-charge berjam-jam adalah karena kabel data atau kabel charger rusak. Cara penyimpanan yang salah seperti dipelintir atau dilipat dapat merusak komponen yang ada di bagian dalam charger.

Jika bagian dalam kabel charger rusak tentu kabel tersebut tidak dapat menghantarkan arus listrik ke baterai smartphonekamu. Agar kabel charger lebih terawat biasakan untuk selalu menggulungnya dengan rapi. Kamu juga bisa menggunakan Pelindung Kabel agar kabel charger tidak rusak ataupun cepat kotor.

5 penyebab baterai ponsel tidak bisa terisi penuh - kabel charger rusak

3. Baterai Ponsel yang Sudah Harus Diganti

Jika charger dalam keadaan baik, namun baterai ponsel tetap tidak bisa diisi, maka bisa jadi yang bermasalah adalah baterai ponsel itu sendiri. Seperti yang kita tahu bahwa baterai smartphone memiliki umurnya sendiri, semakin lama dipakai maka kualitas baterai tersebut akan menurun.

Jika hal ini terjadi, sebaiknya segera ganti baterai ponsel dengan baterai ponsel baru agar tidak mempengaruhi komponen smartphone lainnya.
5 penyebab baterai ponsel tidak bisa terisi penuh - baterai ponsel yang sudah harus diganti

4. Mengisi Baterai Menggunakan Laptop

Mengisi baterai dengan mencoloknya ke laptop tentu berbeda dengan kita mencoloknya ke soket listrik. Arus yang dihasilkan oleh soket listrik lebih besar ketimbang laptop sehingga baterai ponsel dapat lebih cepat terisi.

Lagipula sebenarnya laptop tidak pernah diciptakan untuk meng-charge ponsel sehingga sebaiknya mulai sekarang hindarilah kebiasaan mengisi daya baterai menggunakan laptop.

5 penyebab baterai ponsel tidak bisa terisi penuh - mengisi baterai menggunakan laptop

5. Kepala Charger Rusak

Tak hanya kabel charger, kepala charger pun juga bisa rusak loh gan. Di bagian dalam kepala charger terdapat adaptor yang bertugas mengatur arus yang akan masuk ke baterai ponsel. Jika adaptor ini rusak maka charger pun tidak bisa dipakai untuk meng-charge.
5 penyebab baterai ponsel tidak bisa terisi penuh - kepala charger rusak


Nah sekarang kamu sudah tahu kan apa saja penyebab baterai ponsel tidak bisa terisi penuh. Jika memang terjadi kerusakan pada baterai atau charger, sebaiknya Anda langsung menggantinya dengan yang baru agar tidak terjadi masalah yang lebih serius.
Deni Antoni Hey there, I’m den. I’m a Blogger, living in Central Java, Indonesia.
Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan support dengan klik tombol FOLLOW atau SUBSCRIBE Terima kasih.
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel